Kamis, 01 November 2012

Makanan Korea Berbagai Rasa part 1

Malam smua.....
Baca judul postnya kenapa admin malem-malem ngepost tentang makanan yaa??? 

Laper...honestly..hahahhaha
Ditinggal sendiri ma temen kos jadi pengen makan trus nii...
Tapi...admin pengen makan makanan Korea... 
Delivery order from chingudeul ??? :D


Yuuk... langsung cekidot aj....

Tangsuyuk
Tangsuyuk
 
Samgyetang (Sup Ayam Ginseng)
Bibimbab


Chapchae









 Kadang-kadang ada ibu-ibu yang mengatakan bahwa dia malas memasak dan mengeluh kenapa tidak ada pil yang dapat menggantikan makan. Kalau ada satu pil yang dilengkapi zat-zat berguna dapat mengganti makan, maka manusia akan kehilangan satu kesenangan atau kenikmatan dalam kehidupannya, benarkan? Mencari makanan yang enak, mencicipinya, dan merasakan kegembiraan dengan melihat orang yang memakan masakan yang dibuatnya merupakan satu unsur yang penting dalam menikmati hidup. Nah , kali ini aku ingin memperkenalkan satu masakan enak yang disukai orang Korea, baik oleh anak kecil maupun orang dewasa. Nama masakannya adalah Tangsuyuk.
Sebenarnya masakan ini bukan masakan asli Korea. Masakan ini berasal dari Cina. Namun Tangsuyuk ini sangat disukai dan sering disantap oleh masyarakat Korea. Tangsuyuk bersama dengan Jjajangmyeon atau mi hitam dan Jjampong atau mi kuah pedas saat ini menjadi makanan populer masyarakat Korea yang dapat dinikmati oleh siapa saja. Pada 20 tahun yang lalu makanan itu masih dianggap sebagai makanan mewah yang bisa disantap hanya pada hari istimewa saja, seperti hari ulang tahun, hari wisuda sekolah, dan waktu pindah rumah.Belakangan ini makanan Tangsuyuk sering dijual dengan bentuk paket, misalnya paket Tangsuyuk dengan Jjajangmyeon. Jika kita bertanya kepada anak-anak kecil Korea apakah makanan yang paling enak, mereka pasti menjawab Tangsuyuk dan Jjajangmyeon.

Bahan-bahan
600g daging sapi atau daging babi
1/2 ketimun
1/2 wortel
1/1 bawang bombai
220g tepung sagu
1 bagian putih telur ayam
minyak goreng secukupnya
400ml air panas
8 sdm gula pasir
6 sdm cuka
1/2 sdm kecap asin
1/3 sdm garam
1 adm air sagu
* bumu-bumbu untuk daging
1 sdm bawang putih cincang halus, sari jahe, garam, 1/2 sdm minyak wijen, 1/4 sdt lada

Cara membuat
Potong daging dengan sedikit tebal
Bumbui daging lalu diamkan kira-kira 30 menit
Potong melintang wortel, ketimun dan bawang bombai
Campurkan telur dan sagu
Masukkan daging ke dalam campuran sagu dan telur
Panaskan minyak goreng
Goreng daging dengan membalik-baliknya
Goreng sayur-sayuran dengan sedikit minyak dalam wajan lain
Tuangkan air lalu didihkan
Setelah mendidih masukkan gula, cuka, garam, dan kecap asin
Setelah itu masukkan air sagu
Tempatkan gorengan daging di piring bersar lalu tuangi saus di atasnya
Sajikan

Masakan ini berasa gurih, manis, dan sedikit asam. 3 macam rasa ini terpadu sehingga menciptakan rasa yang lezat sekali. Selain rasa, masakan ini juga memiliki berbagai warna, yaitu warna kuning, merah, hijau, dan putih sehingga kelihatan menarik. Kebanyakan Tangsuyuk yang dijual direstoran dibuat dari daging babi. Jika tidak mau makan daging babi, kita bisa memesan Tangsuyuk dari daging sapi. Memang harga Tangsuyuk sapi lebih sedikit mahal dari pada dari daging babi.

Samgyetang (Sup Ayam Ginseng)


Samgyetang ini biasanya dimakan pada hari musim panas di Korea karena dapat membantu mengatasi kepanasan sehingga badannya tetap bugar. Samgyetang yang berbahan ayam dan ginseng ini mengandung banyak protein dan vitamin. Bahkan karena terasa harum ginseng jadi lebih nikmat. Bagi anda yang menyukai daging ayam, masakan ini cocok sekali. Kalau begitu, coba saja hidangan populer negeri Korea ini.

Untuk menyajikan Samgyetang kita memerlukan bahan-bahan sebagai berikut;

1. 1ekor ayam utuh, kira-kira 800 g
2. 1 akar ginseng basah / kalau tidak ada ginseng basah, boleh juga yang kering tetapi perlu diremdamnya sebelum dimasak
3. 50g beras ketan putih
4. 1 siung bawang putih
5. 1sendok makan garam
6. sedikit merica

Cara membuatnya sebagai berikut;

- Bersihkan ayam setelah dikeluarkan semua usus melalui bagian bawah perutnya. Tidak boleh membelahnya agar bisa memasukkan bahan-bahan lain ke dalam perut ayam tersebut.
- Rendam beras ketan putih dalam air lebih kurang 2 jam setelah bersihkan
- bersihkan ginseng. Tidak usah dipotong karena digunakan secara utuh.
- Kupas bawang putih dan bersihkannya.
- Masukkan semua bahan, ginseng, beras ketan, dan bawang putih ke dalam perut ayam kemudian lubang bagian bawah perut ayam dijahit dengan benang atau tusuk sate supaya isinya tidak keluarkan.
- Masukkan ayam yang diisi itu ke dalam panci dan tuangkan air hingga ayam terendam
- Rebusnya dengan api sedang hingga ayam itu matang.
- Setelah kuahnya berwarna putih kental, angkat.
- Sajikan di waktu masih hangat bersama garam dan merica.

Selain bahan-bahan tersebut, chestnut, jenis kacang, kurma Cina, dan berbagai tumbuh-tumbuhan obat bisa dipakai. Sebelumnya mungkin saya dapat menyampaikan petunjuk berguna bagi anda sebelum saya menutup acara ini. Pertama, untuk memasak Samkyetang yang lezat perlu lama merebusnya dengan api sedang. Kedua, kalau memasak bubur dengan kuah Samkyetang akan lebih nikmat lagi. Setelah dikeluarkan daging ayam yang dimasak itu masukkan beras dan sayur mayur ke dalam kuah Samkyetang dan rebuslah.

Bibimbab

Barangkali anda telah kembali ke kehidupan sehari-hari yang rutin dan aktif. Liburan Lebaran Idul fitri yang menyenangkan tentu membuat anda bersemangat dan kembali bergairah. Nah, kalau begitu, acara aneka masakan Korea ini juga membantu anda hidup lebih sehat dan berenergi. Untuk kali ini saya memilih salah satu masakan nasi spesial Korea, yakni Bibimbab. Mungkin masakan ini tidak asing lagi bagi anda karena sering diperkenalkan melalui acara-acara siaran RKI yang lain. Jadi anda dapat membayangkan Bibimbab itu seperti apa. Begitu, kan? Kalau menambah sedikit penjelasan, Bibimbab adalah salah satu masakan Korea yang juga suka dimakan oleh orang asing. Sebagaimana telah anda krtahui, Bibimbab pernah menarik perhatian penyanyi pop AS, Michael Jackson. Dia suka makan Bibimbab saat mengunjungi Korea. Selain itu Bibimbab telah menarik selera orang Eropa dan Amerika setelah disajikan di dalam pesawat terbang jalur Eropa. Bibimbab yang disajikan di satu mangkuk besar dengan nasi bersama sayur-sayuran ini indah warnanya selain rasanya yang enak. Kalau begitu, cobalah memasak Bibimbab.

Untuk memasak Bibimbab untuk 4 porsi diperlukan bahan-bahan sebagai berikut;

200g daging sapi sukiyaki
Saus perendam daging, campur rata;
1sdm soy sauce atau kecap asin
1/2 sdt gula pasir
1/4 merica hitam
1/2 sdt minyak wijen
2 butir bawang putih, cincang halus

Kemudian sayuran;

100g Zuccini, potong tipis 1/2cm, aduk sedikit garam, tiriskan
100g wortel kupas, potong bentuk korek api, aduk sedikit garam, tiriskan
100g daun bayam segar, rebus sebentar dalam air mendidih
50g jamur shitake kering, rendam hingga lunak, iris tipis 1/4cm
100g taoge, ukuran besar
3sdm minyak
2sdt minyak wijen
1/2 sdt garam
1 batang daun bawang, iris halus
Nasi, masak hingga air terserap habis, kukus hingga matang, angkat
25g beras ketan putih
200g beras pulen berbutir panjang
400ml air
4 butir telur ayam
Gochujang, taujo cabe merah Korea

* Siapkan 4 buah mangkuk saji, Sisihkan
* Campur daging sukiyaki bersama saus perendam selama lebih kurang 10 menit. Panaskan 1sdm minyak, tumis daging hingga berubah warna dan matang. Angkat. Sisihkan
* Tumis cepat secara terpisah masing-masing sayuran (Zuccini, wortel, bayam, jamur, dan taoge) dengan masing-masing 1sdt minyak, 1/2 sdt bawang putih cincang, dan 1/4 sdt garam. Tambahkan daun bawang cincang untuk taoge. Angkat. Sisihkan
Setelah itu taruh nasi hangat dalam mangkuk saji hingga setengah tinggi mangkuk. Atur di atasnya daging tumis dan sayuran. Tambahkan telur mata sapi, 1/2 sdt minyak wijen dan 1sdm Gochujang atau toujo cabe merah di atasnya. Sajikan di waktu hangat.

Barangkali bahan-bahan Bibimbab ini mudah terdapat di Indonesia kecuali Gochujang, taujo cabe merah. Namun Gochujang juga dijual di pasar swalayan terkemuka di Indonesia. Kalau tidak bisa mendapatnya, saya rasa, tidak apa-apa pakai sedikit sambal pedas. Saudara! Waktu merebus sayur hijau seperti daun bayam, coba masukkan 1sdt garam. Warna hijaunya lebih terang dan segar. Dan ibu-ibu sudah tahu, kan? Waktu merebus sayur hijau, penutup panci dibukakan supaya mencegah warna hijau berubah menjadi kuning. Bagaimana, coba memasak Bibimbab sebagai menu masakan hari ini? Pasti keluarga anda menyukainya.

Chapchae


Menu masakan Korea yang saya pilih kali ini adalah Chapchae atau Suun Goreng, tumis suun dan sayuran. Masakan Chapchae ini merupakan salah satu masakan yang sering disajikan pada suatu pesta di Korea. Selain menggunakan suun sebagai bahan utama, saya rasa Chapchae ini hampir menyerupai mi goreng atau bihun goreng dalam cara membuatnya dan jenis masakannya. Oleh karena itu barangkali anda merasa tidak sulit mencoba memasaknya. Dan juga cocok sekali dengan selera masyarakat Indonesia. Nah, kalau begitu mari kita coba memasaknya !

Bahan-Bahan

1. 150g daging sapi sukiyaki, iris tipis memanjang 1 cm
2. 75g suun, rendam air panas
3. 40g wortel, kupas, potong bentuk korek api
4. 4 buah jamur shitake kering, rendam air panas hingga lunak, iris tipis
5. 1 buah bawang bombay, iris tipis
6. 1/2 buah paprika hijau, iris tipis memanjang

* Bumbu-bumbu
3 sdm soy sauce
2sdm minyak wijen
3 siung bawang putih, cincang halus
2 sdm gula pasir
1 1/2 sdt wijen sangrai
1sdm minyak untuk menumis
1/2 sdt garam
1sdt merica
Selain itu telur dadar yang diiris tipis diperlukan sebagai pelengkap.

* Terlebih dahulu, campur potongan daging bersama soy sauce, minyak wijen, bawang
putih, dan biji wijen, Sisihkan
* Panaskan minyak, tumis wartel, bawang bombay, paprika hijau, dan jamur, masak hingg bahan matang. Bumbui garam sedikit. Angkat. Lebih baik tumis masing-masing
* Tumis potongan daging yang dibumbui, Angkat
* Panaskan minyak, tumis suun, jika suun matang, masukkan daging, dan sayuran yang telah ditumis dengan gula dan merica . Aduk rata. Angkat.

Cara menyajikannya dapat dilengkapi dengan telur dadar yang diris tipis. Nah, coba cicipinya ! Bagaimana rasanya? Gurih dan manis ! Pasti keluarga anda menyukainya ! Coba deh ! Kalau anda mau variasinya, boleh menghidangkan Chapchae dengan nasi dalam satu pring untuk satu orang. Masakan hidangan ini disebut Chapchaebab di Korea. Karena sayuran dan daging telah termasuk dalam Chapche, orang Korea memakannya tanpa lauk-pauk lain selain Kimchi. Sebenarnya Bahan-bahan untuk Chapchae kecuali suun tidak terbatas sehingga daging dan sayuran jenis apa pun boleh digunakan. Kalau ada sisa sayuran dan daging yang begitu disimpan saja dalam kulkas anda, keluarkan dan coba masak Chapchae. Keluarga anda dapat menikmati masakan khas yang lezat dengan biaya kecil.

credit : inisajamostory.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar