Kamis, 01 November 2012

Makanan Korea Berbagai Rasa part 3

Ini makanan ringan ala Korea.......

Hotteok
Danpatjuk
Bungeopang

Patbingsu




Danpatjuk

Tanggal 22 Desember kemarin masyarakat Korea menyambut satu hari istimewa yang bernama Dongji. Hari Dongji ini merupakan salah satu hari dari 24 hari berdasarkan kalender musim di Korea. Hari Dongji adalah hari dimana malam harinya paling panjang sedangkan siang harinya paling pendek dalam satu tahun. Masyarakat zaman dahulu menganggap hari Dongji ini sebagai tahun baru kecil. Maka mereka merayakannya dengan memasak dan menyantap Patjuk atau bubur kacang merah, seperti waktu tahun baru, dimana masyarakat Korea memakan Tteokguk atau sup dengan Tteok dari beras. Menurut leluhur warga Korea, orang yang memakan satu mangkuk bubur kacang merah yang disebut Patjuk akan bertambah umurnya. Oleh sebab itu masyarakat Korea mempunyai satu kebiasaan pada hari Dongji, yaitu memasak dan memakan Patjuk atau bubur kacang merah. Patjuk yang dimakan pada hari Dongji ini disebut sebagai Dongji patjuk karena bisa dimakan pada hari Dongji dengan makna istimewa. Selain itu patjuk dari kacang merah itu memiliki arti lain. Warna merah yang dimiliki kacang merah itu dianggap masyarakat Korea memiliki kekuatan untuk mengusir hantu dan roh-roh jahat dalam lingkungan hidupnya sehingga satu mangkuk bubur kacang merah bermakna besar, yaitu orang-orang dapat hidup dengan sehat dan makmur selama satu tahun. Patjuk yang disantap pada hari Dongji ini dimasak bersama dengan adonan kecil dari beras ketan yang disebut Saeal. Lalu Saeal itu disajikan sesuai dengan umur penyantap, misalnya orang berumur 10 tahun akan mendapat 10 biji Saeal dalam satu mangkuk Patjuk. Selain Dongji Patjuk ini ada juga Danpatjuk yang berasa lebih manis.
Bahan-bahan
1 gelas kacang merah
8 gelas air
1/2 gelas tepung beras ketan
1/2 gelas air
1 sdt garam
4 sdm gula pasir
2 gelas tepuk beras ketan
5 sdm air panas

Cara membuat :
Setelah membersihkan kacang merah lalu merebusnya dengan 8 gelas air sampai lembut sekali
Buat adonan berbentuk bola-bola kecil berdiameter 2 cm dari beras ketan dengan memakai air panas
Hancurkan kacang merah yang matang di atas saringan
Didihkan cairan kacang merah lalu masukkan adonan jika cairan kacang merah mulai mendidih
Setelah adonan itu terapung masukkan 1/2 gelas tepung beras ketan dan 1/2 gelas air
Sambil aduk-aduk masukkan gula pasir dan garam
Aduk di atas api yang kecil selama 15 menit
Kemudian sajikan

Masakan Danpatjuk ini boleh disantap pada saat panas maupun dingin. Selain rasa manis dan enak yang dimiliki bubur merah ini, anda juga dapat menambah gizi dengan satu mangkuk Danpatjuk. Dalam Danpatjuk anda dapat merasakan rasa yang berbeda dari bubur kacang yang pernah anda cicipi selama itu.

Hotteok

Sejak zaman dahulu di Korea jenis makanan jajanan lebih banyak pada musim dingin dibandingkan dengan musim lain. Misalnya, Ubi bakar, kue basah, gorengan, dan sebagainya. Pada zaman dahulu kebanyakan cemilan itu dibuat sendiri dari bahan alami dan biasanya dibuat di dalam ruangan dengan alat penghangat kecil. Sedangkan di zaman sekarang ini jenis cemilan lebih beragam dan terdapat di mana-mana. Walau begitu, beberapa jenis jajan kesukaan masyarakat zaman dulu itu tetap digemari oleh masyarakat zaman sekarang. Misalnya, Gungoguma atau ubi bakar, Gunbam atau berangan bakar, Buchimgae atau jenis gorengan, Cimpang atau bakpau, dan Hotteok. Jika sedang berjalan-jalan di daerah mana saja para pejalan kaki biasanya tidak bisa menahan rasa lapar atau nafsu makan mereka. Kadang-kadang mereka sengaja makan di warung kaki lima untuk menghindari rasa dingin. Hotteok yang berbentuk bulat dibuat dari tepung terigu atau tepung beras ketan serta gula dan digoreng. Makanan jajan ini sebenarnya berasal dari Cina dan diperkenalkan kepada masyarakat Korea oleh pedagang Cina pada akhir abad ke-19. Kalau Hotteok Cina memiliki isi daging dan sayur sedangkan isi Hotteok Korea adalah gula. Setelah masyarakat Korea memperhatikan kesehatan, kacang-kacangan yang bergizi dimasukkan dalam Hotteok bersama dengan gula.

Bahan-bahan:
500g tepung terigu
1g baking powder
100ml air
100g gula
1 sdm serbuk kacang tanah

Cara membuat :
Masukkan baking powder dan 1sdt gula ke dalam air hangat kemudian taruh di dalam ruangan selama 5 menit
Buatlah adonan dengan tepung terigu dan air baking powder yang sudah siap serta air
Biarkan adonan selama 3 jam dengan ditutup
Campurkan gula, serbuk kacang tanah
Ambil sedikit adonan kemudian masukan campuran gula ke dalam adonan
Adonan dipres sedikit dengan tangan
Panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng
Goreng adonan dengan membalik-baliknya
Angkat setelah permukaan adonan menjadi kekuning-kuningan
Sajikan

Proses membuat Hotteok ini sedikit merepotkan sehingga kebanyakan peminat membeli makan Hotteok di warung daripada membuat sendiri. Namun sayangnya Hotteok hanya ada pada musim dingin saja. Rasa manis dan gurih Hotteok ini pasti akan merangsang selera makan anda.

Bungeopang

Rasa dingin sebenarnya sangat sulit untuk dihidari walau sudah memakai pakaian tebal. Oleh karena itu belakangan ini tidak banyak orang yang kelihatan di jalan-jalan selain orang-orang yang berjalan ke tempat tujuannya dengan cepat-cepat. Kadang-kadang kita bisa melihat kumpulan orang di depan warung kaki lima yang menjual jajanan yang hangat. Di sana mereka menghangatkan badan dengan menyantap makanan ringan yang hangat-hangat itu. Jenis jajanan yang dijual di sana dapat menghilangkan rasa dingin pejalan kaki pada hari dingin dan memiliki juga rasa yang enak. Selain itu satu alasan lain adalah karena dapat dinikmati hanya pada musim dingin saja. Barangkali setiap masyarakat sengaja mencicipi jajanan itu pada setiap musim dingin. Salah satu makanan jajan yang hanya terdapat di musim dingin adalah Bungeopang. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, berarti roti ikan mas. Meski namanya roti ikan mas tapi di dalam roti itu tidak ada ikan mas malah diisi dengan kacang merah yang manis. Nama itu diberikan karena roti itu berbentuk ikan. Bungeopang ini biasanya dipanggang langsung oleh penjualnya dengan menggunakan cetakan berbentuk ikan di warung kaki lima maka pembeli dapat menikmatinya hangat-hangat. Karena bahannya hanya adonan tepung terigu dan kacang merah yang dimaniskan jadi harga pun cukup murah. Dengan 1000 won pembeli mendapat 3 hingga 5 roti ikan mas. Bungeopang ini panjangnya kira-kira 10cm sehingga dengan makan 2 roti saja membuat kita merasa kenyang. Unsur-unsur itulah yang Bungeopang disebut sebagai jajanan rakyat Korea pada musim dingin.

Bahan-bahan:
200g tepung terigu
1butir telur ayam
100 ml susu segar
100 ml air
50g kacang merah yang dimasak dengan gula pasir
Cetakan


Cara membuat :
Buat adonan dengan mencampurkan tepung, susu, air, dan telur
Panaskan cetakan dan olesi sedikit minyak pada permukaan cetakan sebelum menuang adonan
Tuangkan adonan ke dalam cetakan lalu taroh 1 sdm kacang merah di atas adonan itu
Tutup cetakan
Panggang dengan membalik-baliknya
Kalau permukaan roti menjadi kekuning-kuningan, baru diangkat
Sajikan saat masih panas

Rasa roti ini manis dan lembut sehingga semua kalangan usia menyukainya. Belakangan ini cetakan berbentuk ikan yang kecil dijual untuk dipakai di rumah tangga. Maka Bungeopang ini dapat disantap pada musim lain. Namun demikian jajanan Bungeopang ini tetap menjadi cemilan kesukaan masyarakat Korea yang sering disantap pada musim dingin.

Patbingsu

Cuaca di Korea sekarang ini panas sekali. Udara panas ini mungkin akan berlangsung sampai pertengahan bulan Agustus. Sebagian masyarakat Korea telah pergi berlibur untuk menghindari cuaca panas dan sebagian lain sedang asyik merencanakan pejalanan liburan musim panas. Masyarakat Korea yang tidak tahan terhadap cuaca panas karena mengalami hal itu hanya selama 2 bulan saja dalam setahun selalu memikirkan dan mencari cara untuk mengatasi rasa panas itu. Mereka membeli berbagai alat yang dapat menghilangkan rasa panas, pergi berlibur ke tempat sejuk, dan kadang-kadang mencoba melupakan rasa panas melalui masakan. Oleh karena itu pada musim panas masyarakat Korea ramai ke restoran yang menjual Naengmyun atau mie dingin. Kuah mie dingin itu cukup untuk meghilangkan rasa panas. Selain itu satu makanan dari es juga digemari oleh orang Korea. Masakan itu adalah Patbingsu. Patbingsu agak mirip dengan es teler di Indonesia. Masakan ini digolongkan sebagai makanan untuk cuci mulut atau makanan jajan. Sebenarnya Bingsu berarti air es. Sesuai dengan bahan-bahan nama masakan ini dapat berubah. Misalnya, bila digunakan kacang merah, namanya Patbingsu, kalau digunakan buah-buahan, namanya adalah Gwailbingsu, dan kalau digunakan teh hijau, menjadi Nokchabingsu. Tentu masakan ini sangat dingin. Pada musim panas mungkin masyarakat Korea lebih suka memakan Patbingsu ini daripada makan nasi.
Bahan-bahan Patbingsu untuk 4 orang

200g es batu
50g Friut Coktailyang di kaleng
1/2 gelas susu manis yang kental
1/4 gelas susu cair yang tawar
sedikit kue beras kentan atau moci
sedikit buah cheri
30 g kacang merah
30 g gula pasir
sedikit garam
Kalau bahan-bahan sudah disiapkan, mari kita coba membuat Patbingsu.
Setelah membersihkan kacang merah direbs dalam air yang cukup banyak.
Kalau kacang merah menjadi lunak masukkan gula pasir dan garam lalu masak sampai airnya habis.
Tuangkan susu cair ke dalam mangkuk es krim dan masukkan es yang digiling halus.
Teteskan susu manis lalu aturlah kacang merah, fruit coktail, dan kue beras kentan di atas es.
Hiaslah dengan buah cheri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar